Download Alquran 30 Juz Anutan Mui Perihal Aturan Imunisasi (Teks Anutan Imunisasi Majelis Ulama Indonesia)

Download Alquran 30 Juz Anutan Mui Perihal Aturan Imunisasi (Teks Anutan Imunisasi Majelis Ulama Indonesia) - Hallo sahabat http://monicadagosto.blogspot.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Download Alquran 30 Juz Anutan Mui Perihal Aturan Imunisasi (Teks Anutan Imunisasi Majelis Ulama Indonesia), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Fatwa MUI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Download Alquran 30 Juz Anutan Mui Perihal Aturan Imunisasi (Teks Anutan Imunisasi Majelis Ulama Indonesia)
link : Download Alquran 30 Juz Anutan Mui Perihal Aturan Imunisasi (Teks Anutan Imunisasi Majelis Ulama Indonesia)

Baca juga


Download Alquran 30 Juz Anutan Mui Perihal Aturan Imunisasi (Teks Anutan Imunisasi Majelis Ulama Indonesia)

 Bahwa fatwa Islam sangat mendorong umatnya untuk senantiasa menjaga kesehatan Download alquran 30 juz Fatwa MUI Tentang Hukum Imunisasi (Teks Fatwa Imunisasi Majelis Ulama Indonesia)

Fatwa MUI Tentang Hukum Imunisasi

FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA
Nomor : 04 Tahun 2016
Tentang
IMUNISASI

Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) setelah:

>> Menimbang :

1. Bahwa fatwa Islam sangat mendorong umatnya untuk senantiasa menjaga kesehatan, yang dalam prakteknya sanggup dilakukan melalui upaya preventif biar tidak terkena penyakit dan berobat manakala sakit biar diperoleh kesehatan kembali, yaitu dengan imunisasi..

2. Bahwa imunisasi, sebagai salah satu tindakan medis untuk mencegah terjangkitnya penyakit tertentu, bermanfaat untuk mencegah penyakit berat, keanehan dan kematian..

3. Bahwa ada penolakan sebagian masyarakat terhadap imunisasi, baik lantaran pemahaman keagamaan bahwa praktek imunisasi dianggap mendahului takdir maupun lantaran vaksin yang dipakai diragukan kehalalannya..

4. Bahwa atas dasar pertimbangan di atas, maka dipandang perlu memutuskan fatwa perihal imunisasi untuk dipakai sebagai pedoman..

>> Mengingat :

1. Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala, antara lain:

“Barang siapa yang menghidupkan seseorang, maka dia bagaikan menghidupkan insan semuanya..” (QS. Al-Maidah [5]: 32)

“... Dan janganlah kau menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan..” (QS Al-Baqarah [2]: 195)

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kau mengikuti langkah-langkah syaitan; lantaran bekerjsama syaitan itu yaitu musuh yang kasatmata bagimu..” (QS. Al-Baqarah [2]: 168)

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka bawah umur yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh alasannya yaitu itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar..” (QS. Al-Nisa [4]: 9)

Tambah Ayat : Tentang Darurat > FAMANUDTURRA

2. Hadis-Hadis Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam, antara lain:

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alahi wa sallam: Sesungguhnya Allah tidak menurunkan suatu penyakit kecuali menurunkan (pula) obatnya..” (HR. Al-Bukhari)

“Berobatlah, lantaran Allah tidak menjadikan penyakit kecuali menjadikan pula obatnya, kecuali satu penyakit yaitu pikun (tua)..” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, dan Ibnu Majah)

“Dari Abu Darda’, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya  Allah telah menurunkan penyakit dan obat bagi setiap penyakit, maka berobatlah dan janganlah berobat dengan yang haram..” (HR. Abu Dawud)

“Dari Sahabat Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu: Sekelompok orang ‘Ukl atau Urainah tiba ke kota Madinah dan tidak cocok dengan udaranya (sehingga mereka jatuh sakit), maka Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan biar mereka mencari unta perah dan (agar mereka) meminum air kencing dan susu unta tersebut..” (HR. Al-Bukhari)

“Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Tidak boleh membahayakan/merugikan orang lain dan tidak boleh (pula) membalas ancaman (kerugian yang ditimbulkan oleh orang lain) dengan ancaman (perbuatan yang merugikannya)..” (HR. Ahmad, Malik, dan Ibnu Majah)

“Dari Habib bin Abi Tsabit ia berkata: Saya mendengar Ibrahim bin Sa'd berkata: Saya mendengar Usamah bin Zaid berbincang dengan Sa'd perihal apa yang didengar dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa ia bersabda: Bila kalian mendengar ada wabah penyakit di suatu tempat maka jangan masuk ke tempat wabah tersebut. Dan bila wabah tersebut telah terjadi di suatu tempat sedang kalian berada di situ, maka jangan keluar dari tempat tersebut..” (HR. Al-Bukhari)

“Dari Usamah Ibnu Syarik (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Beberapa orang Arab pedalaman bertanya: Wahai Rasulullah, haruskan kami berobat? Rasulullah menjawab: Ya. Wahai hamba-hamba Allah, berobatlah, bekerjsama Allah tidak menciptakan penyakit melainkan menciptakan pula penyembuh untuknya [atau ia mengatakan: obat] … … …” (Abu Isa al-Tirmidzi, perawi hadis: … dan ini yaitu hadis hasan sahih)

“Abu Salamah bin ‘Abd al-Rahman berkata: Aku mendengar Abu Hurairah (yang meriwayatkan) dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam (bahwa ia bersabda): Janganlah kalian mendatangkan orang yang sakit kepada orang yang sehat..” (HR. Al- Bukhâri)

“Dari Abu Ad-Darda’ (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda: Sesungguhnya Allah menurunkan penyakit dan obatnya, dan menawarkan obat untuk tiap-tiap penyakit. Oleh lantaran itu berobatlah kamu, tetapi jangan berobat dengan yang haram..” (HR. Abu Dawud)

“Dari Abu Khuzamah, dari ayahnya (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, kataku: Wahai Rasulullah, apa pendapatmu perihal rukiah yang kami gunakan sebagai obat, dan obat-obatan yang kami gunakan sebagai penyembuh penyakit dan penangkal yang kami gunakan sebagai pemelihara badan, apakah berarti kami menolak taqdir Allah..? (Nabi) berkata: hal itu yaitu taqdir Allah..” (HR. Al-Tirmidzi)

3. Kaidah-Kaidah Fiqh:

"Perintah terhadap sesuatu juga berarti perintah untuk melaksanakan sarananya..”

“Perbuatan yang hanya dengan perbuatan itu suatu perintah wajib menjadi tepat maka perbuatan tersebut hukumnya wajib..”

“Mencegah lebih utama daripada menghilangkan..”

“Dharar (bahaya) harus dicegah sedapat mungkin..”

“Dharar (bahaya) harus dihilangkan..”

“Kondisi hajah menempati kondisi darurat..”

“Darurat membolehkan hal-hal yang dilarang..”

“Sesuatu yang dibolehkan lantaran darurat dibatasi sesuai kadar (kebutuhan)-nya..”

>> Memperhatikan :

1. Pendapat Imam Al-‘Izz ibn ‘Abd Al-Salam dalam Kitab Qawa’id Al-Ahkam:

“Boleh berobat dengan benda-benda najis jikalau belum menemukan benda suci yang sanggup menggantikannya, lantaran mashlahat kesehatan dan keselamatan lebih diutamakan daripada mashlahat menjauhi benda najis..”

2. Pendapat Imam Al-Nawawi dalam Kitab Al-Majmu’ (9/55):

“Sahabat-sahabat kami (Pengikut Madzhab Syafi’i) berpendapat: Sesungguhnya berobat dengan memakai benda najis dibolehkan apabila belum menemukan benda suci yang sanggup menggantikannya, apabila telah didapatkan –obat dengan benda yang suci– maka haram hukumnya berobat dengan benda-benda najis. Inilah maksud dari hadits, “Sesungguhnya Allah tidak menjadikan kesehatan kalian pada sesuatu yang diharamkan atas kalian”, maka berobat dengan benda najis menjadi haram apabila ada obat alternatif yang tidak mengandung najis dan tidak haram apabila belum menemukan selain benda najis tersebut. Sahabat-sahabat kami (Pengikut Madzhab Syafi’i) beropini : Dibolehkannya berobat dengan benda najis apabila para mahir kesehatan –farmakologi– menyatakan bahwa belum ada obat kecuali dengan benda najis itu, atau obat –dengan benda najis itu– direkomendasikan oleh dokter muslim..”

3. Pendapat Muhammad Al-Khathib Al-Syarbaini dalam kitab Mughni Al-Muhtaj yang menjelaskan kebolehan memakai benda najis atau yang diharamkan untuk obat dikala belum ada benda suci yang sanggup menggantikannya:

“Berobat dengan benda najis yaitu boleh dikala belum ada benda suci yang sanggup menggantikannya..” (Muhammad Al-Khathib Al-Syarbaini, Mughni Al-Muhtaj, [Bairut: Dar Al-Fikr, t.th.], juz I, h. 79)

4. Fatwa MUI perihal penggunaan vaksin polio khusus (IPV) Tahun 2002 dan Fatwa MUI perihal penggunaan vaksin polio oral (OPV) Tahun 2005..

5. Fatwa MUI Nomor 30 Tahun 2013 perihal obat dan pengobatan..

6. Keputusan Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia Tahun 2015 yang diselenggarakan di Pesantren At-Tauhidiyah Tegal yang terkait dengan imunisasi..

7. Arahan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada aktivitas Halaqah Penyelenggaraan Imunisasi Halal dan hasil-hasilnya yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan RI dan Komisi Fatwa MUI di Bogor pada 22 Januari 2016..

8. Presentasi narasumber dalam Halaqah Penyelenggaraan Imunisasi Halal, dari Direktur Surveilense dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan RI perihal Kebijakan Program Imunisasi Nasional yang pada dasarnya aktivitas imunisasi nasional dimaksudnya untuk mencegah penyakit tertentu; Ahli Imunisasi Anak dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) Dr. dr. Sujatmiko, SpA(K) perihal Penyakit yang Dapat Dicegah oleh Imunisasi, Ketua Komisi Fatwa MUI Prof. Dr. H. Hasanudin AF perihal Imunisasi dan Pencegahan Penyakit dalam Perspektif Hukum Islam, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Dr. HM. Asrorun Ni’am Sholeh, MA perihal Beberapa Keputusan MUI perihal Imunisasi, Direktur PT. Biofarma perihal Penyiapan Vaksin Halal untuk Imunisasi, serta Direktur LPPOM MUI perihal Pelaksanaan Sertifikasi Halal Produk Vaksin dan Obat-Obatan..

9. Pendapat, saran, dan masukan yang berkembang dalam Sidang Komisi Fatwa pada Rapat Pleno Komisi Fatwa pada tanggal 23 Januari 2016..

***

Dengan bertawakal kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala,

MEMUTUSKAN

Menetapkan: FATWA TENTANG IMUNISASI

Pertama: Ketentuan Umum

Dalam fatwa ini, yang dimaksud dengan:

1. Imunisasi yaitu suatu proses untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu dengan cara memasukkan vaksin..

2. Vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme yang sudah mati atau masih hidup tetapi dilemahkan, masih utuh atau bagiannya, atau berupa toksin mikroorganisme yang telah diolah menjadi toksoid atau protein rekombinan, yang ditambahkan dengan zat lain, yang bila diberikan kepada seseorang akan menjadikan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu..

3. Al-Dlarurat yaitu kondisi keterpaksaan yang apabila tidak diimunisasi sanggup mengancam jiwa manusia..

4. Al-Hajat yaitu kondisi keterdesakan yang apabila tidak diimunisasi maka akan sanggup mengakibatkan penyakit berat atau keanehan pada seseorang..

Kedua: Ketentuan Hukum

1. Imunisasi pada dasarnya dibolehkan (mubah) sebagai bentuk ikhtiar untuk mewujudkan kekebalan tubuh (imunitas) dan mencegah terjadinya suatu penyakit tertentu..

2. Vaksin untuk imunisasi wajib memakai vaksin yang halal dan suci..

3. Penggunaan vaksin imunisasi yang berbahan haram dan/atau najis hukumnya haram..

4. Imunisasi dengan vaksin yang haram dan/atau najis tidak dibolehkan kecuali:
a. dipakai pada kondisi al-dlarurat atau al-hajat;
b. belum ditemukan materi vaksin yang halal dan suci; dan
c. adanya keterangan tenaga medis yang kompeten dan dipercaya bahwa tidak ada vaksin yang halal..

5. Dalam hal jikalau seseorang yang tidak diimunisasi akan mengakibatkan kematian, penyakit berat, atau keanehan permanen yang mengancam jiwa, menurut pertimbangan mahir yang kompeten dan dipercaya, maka imunisasi hukumnya wajib..

6. Imunisasi tidak boleh dilakukan jikalau menurut pertimbangan mahir yang kompeten dan dipercaya, menjadikan imbas yang membahayakan (dlarar)..

Ketiga: Rekomendasi

1. Pemerintah wajib menjamin pemeliharaan kesehatan masyarakat, baik melalui pendekatan promotif, preventif, kuratif, maupun rehabilitatif..

2. Pemerintah wajib menjamin ketersediaan vaksin halal untuk kepentingan imunisasi bagi masyarakat..

3. Pemerintah wajib segera mengimplementasikan keharusan sertifikasi halal seluruh vaksin, termasuk meminta produsen untuk segera mengajukan sertifikasi produk vaksin..

4. Produsen vaksin wajib mengupayakan produksi vaksin yang halal..

5. Produsen vaksin wajib mensertifikasi halal produk vaksin sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan..

6. Pemerintah bersama tokoh agama dan masyarakat wajib melaksanakan sosialisasi pelaksanaan imunisasi..

7. Orang bau tanah dan masyarakat wajib berpartisipasi menjaga kesehatan, termasuk dengan menawarkan pemberian pelaksanaan imunisasi..

Keempat: Ketentuan Penutup

1. Fatwa ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, dengan ketentuan jikalau di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan, akan diperbaiki dan disempurnakan sebagaimana mestinya..

2. Agar setiap muslim dan pihak-pihak yang memerlukan sanggup mengetahuinya, menghimbau semua pihak untuk menyebarluaskan fatwa ini..

***

Ditetapkan di : Bogor
Pada tanggal : 13 Rabi’ul Akhir 1437 H
(23 Januari 2016 M)

MAJELIS ULAMA INDONESIA
KOMISI FATWA

Ketua
PROF. DR. H. HASANUDDIN AF, MA

Sekretaris
DR. HM. ASRORUN NI'AM SHOLEH, MA

***



Demikianlah Artikel Download Alquran 30 Juz Anutan Mui Perihal Aturan Imunisasi (Teks Anutan Imunisasi Majelis Ulama Indonesia)

Sekianlah artikel Download Alquran 30 Juz Anutan Mui Perihal Aturan Imunisasi (Teks Anutan Imunisasi Majelis Ulama Indonesia) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Download Alquran 30 Juz Anutan Mui Perihal Aturan Imunisasi (Teks Anutan Imunisasi Majelis Ulama Indonesia) dengan alamat link http://monicadagosto.blogspot.com/2015/07/download-alquran-30-juz-anutan-mui.html

0 Response to "Download Alquran 30 Juz Anutan Mui Perihal Aturan Imunisasi (Teks Anutan Imunisasi Majelis Ulama Indonesia)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel